Senin, 23 Mei 2016

ISO 9001 2008 VS ISO 9001 2015


TUGAS MANAJEMEN MUTU

Lady Flourence        (224413281)
Diani Trianingtyas   (224413265)
 Adi Prayitna             (224413305)
Winner Bestono T    (224413294)
Setiawan Raditya P  (224413302)
Vega Mustika            (224413259)
Annisa Virginia        (224413304)
Aminah Paradilla     (224413275)

Apa ISO 9001 ?
Luc: ISO 9001 adalah standar paling populer dan paling umum digunakan di dunia untuk sistem manajemen mutu.

Sebuah standar bukan hukum, tapi perjanjian atau praktek terbaik yang suatu organisasi dapat menerapkan secara sukarela. Sebuah standar mencerminkan tingkat yang baik profesionalisme. Sebuah sistem manajemen mutu adalah alat dengan mana organisasi dapat menentukan bagaimana dapat memenuhi persyaratan pelanggan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan yang terlibat dalam kegiatan-kegiatannya.

Apa manfaat dari ISO 9001?
Luc: ISO sistem manajemen mutu 9001:
·          menunjukkan bahwa Anda menyediakan produk dan layanan berkualitas yang konsisten;
·          menunjukkan bahwa Anda menyediakan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan, mematuhi hukum dan perundang-undangan, dan memenuhi persyaratan organisasi sendiri;
·          dapat membantu Anda merampingkan proses bisnis Anda dan terus meningkatkan mereka.

Ada dua manfaat tambahan:
·          ISO 9001 membantu Anda meningkatkan kepuasan pelanggan;
·          ISO 9001 adalah positif untuk gambar Anda: Anda menunjukkan bahwa Anda memenuhi standar kualitas yang diakui secara internasional. Ini sering merupakan persyaratan untuk pelanggan dan pemasok untuk melakukan bisnis dengan Anda.

Apa standar ISO 9001 menentukan?
ISO terbaru 9001: 2015 standar dibangun sekitar tujuh prinsip manajemen mutu:
1. fokus pelanggan;
2. kepemimpinan;
3. keterlibatan orang;
4. pendekatan proses;
5. perbaikan;
6. berbasis bukti pengambilan keputusan;
7. manajemen hubungan.

ISO 9001: 2015 menjelaskan untuk setiap bagian yang persyaratan produk, jasa dan organisasi harus bertemu dalam rangka untuk menikmati manfaat di atas.

Yang menentukan, cek dan mengelola ISO 9001?
ISO 9001 dikelola oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) di Jenewa, Swiss. ISO adalah organisasi keanggotaan independen dan pengembang terbesar di dunia standar internasional sukarela. ISO 9001: 2015 dikembangkan oleh 2 ISO / TC 176 / SC - Kualitas Sistem Komite Teknis.

Namun, ISO tidak menyediakan sertifikasi atau penilaian kesesuaian. Hal ini dilakukan oleh badan sertifikasi terakreditasi. Ini adalah instansi yang mengevaluasi sistem manajemen organisasi dan sertifikasi mereka sehubungan dengan standar diterbitkan.

Apakah organisasi harus pindah dari ISO 9001: 2008 untuk ISO 9001: 2015 segera?
Tidak Ada masa transisi tiga tahun setelah penerbitan setiap versi baru dari ISO 9001, di mana organisasi dapat beradaptasi manajemen kualitas mereka untuk mencocokkan versi terbaru. Organisasi karena itu harus menerapkan ISO baru 9001: 2015 standar sebelum 23 September 2018 dalam rangka untuk melanjutkan sesuai dengan ISO 9001.

Apa perbedaan utama antara ISO 9001: 2008 dan ISO 9001: 2015?

ISO 9001: 2015 memiliki sepuluh klausa bukan delapan. Tabel berikut menunjukkan hubungan dari ISO 9001: 2008 klausul kepada mereka dalam ISO baru 9001: 2015.


ISO 9001: 2008
ISO 9001: 2015
0. Pendahuluan
0. Pendahuluan
1. Ruang Lingkup
1. Ruang Lingkup
2. referensi normatif
2. referensi normatif
3. Istilah dan definisi
3. Istilah dan definisi
4. Kualitas Sistem manajemen
4. Konteks organisasi
5. Tanggung jawab Manajemen
5. Kepemimpinan
6. Perencanaan
6. Pengelolaan sumber daya
7. Dukungan
7. Realisasi Produk
8. Operasi
8. Pengukuran, analisis dan perbaikan
9. Evaluasi Kinerja
10. Peningkatan

Tiga pasal pertama dalam ISO 9001: 2015 yang sebagian besar sama seperti yang di ISO 9001: 2008, tetapi ada perbedaan besar antara ISO 9001: 2008 dan ISO 9001: 2015 dari klausul keempat dan seterusnya. Tujuh klausul terakhir sekarang diatur sesuai dengan siklus PDCA (Plan, Do, Check, Act). Gambar berikut menunjukkan ini.


Pasal 4, 5, 6 dan 7 dari ISO 9001: 2015 berada di bawah PLAN, klausul 8 berada di bawah DO, klausul 9 datang di bawah TARIF dan ayat 10 ditutupi oleh ACT.
Dengan pengaturan baru ini, ISO baru 9001: 2015 berusaha untuk memberikan momentum tambahan untuk perbaikan terus menerus dan sistematis dari proses dalam organisasi.

ISO 9001: 2015 PUNYA SEBUAH STRUKTUR TINGKAT TINGGI (HLS)
Sebagai hasil dari susunan baru dalam sepuluh klausa, ISO 9001: 2015 sekarang memiliki struktur ambigu sama dengan semua sistem manajemen standar, yang dikenal sebagai 'High Level Struktur' (HLS).

Oleh karena itu semua elemen inti dari ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, OHSAS 18001, dll yang sama dari sekarang.Hal ini telah membuat integrasi berbagai sistem manajemen yang lebih sederhana. Jika, misalnya, sebuah organisasi ingin menerapkan ISO 14001 selain ISO 9001, bagian-bagian yang mencakup topik yang sama dapat dengan mudah dilihat dalam standar.

BERBEDA ISTILAH DALAM ISO 9001: 2008 DAN ISO 9001: 2015
Tabel berikut adalah ringkasan singkat dari sejumlah perubahan penting terminologi dibandingkan dengan ISO 9001: 2008.


ISO 9001: 2008
ISO 9001: 2015
produk
Produk dan layanan
Dokumentasi, manual mutu, prosedur terdokumentasi, catatan, petunjuk
informasi didokumentasikan
Lingkungan kerja
Lingkungan untuk operasi proses
Pemantauan dan alat ukur
Pemantauan dan pengukuran sumber
produk yang dibeli
Eksternal menyediakan produk dan jasa
pemasok
penyedia eksternal

Ini bukan daftar lengkap dari perbedaan antara ISO 9001: 2008 dan ISO 9001: 2015, tetapi tidak menunjukkan poin utama.

Bagaimana perusahaan transisi dari ISO 9001: 2008 untuk ISO 9001: 2015?
Dengan asumsi bahwa perusahaan sudah bersertifikat ISO 9001, saya sarankan mengambil langkah-langkah berikut untuk memenuhi ISO 9001: 2015:


1. Pengukuran baseline
Melakukan pengukuran dasar dalam organisasi Anda. Membuat gambaran lengkap dari status sistem manajemen mutu dan perilaku organisasi Anda bisnis.

2. Rencana pendekatan
Menyusun rencana berdasarkan pengukuran dasar. Berkat rencana ini, Anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan perubahan dan menerapkan perbaikan langkah demi langkah.

3. Pelaksanaan
Mengimplementasikan perubahan sesuai dengan rencana pendekatan. Menggabungkan titik-titik pengukuran dan tonggak.

4. Audit dan analisis proses
Mengukur apakah perubahan telah memiliki efek yang diinginkan. Mengukur input dan output dari proses yang Anda anggap penting karena mereka adalah kritis atau berisiko, misalnya.

5. Sertifikasi
Memiliki organisasi Anda bersertifikat sesuai dengan ISO 9001: 2015.

6. Komunikasi dengan pihak yang berkepentingan
Tampilkan pihak yang berkepentingan Anda bukan hanya sertifikat, tetapi juga menunjukkan kepada mereka hasil dengan bangga. Biarkan mereka melihat seberapa baik organisasi Anda mengelola proses dan terus meningkatkan mereka.


PERBEDAAN ISO 9001 REVISI 2015 DENGAN ISO 9001:2008


ISO 9001:2008
ISO Revisi 2015 CD
Komentar
4.1 Persyaratan Umum
4.1 Memahami organisasi dalam konteksnya 
4.2 Memahami kebutuhan dan harapan pihak yang berkepentingan 
4.3 Pendekatan proses
4.2.3 Pengendalian dokumen 
7.5 Pengendalian dokumen
Catatan dan dokumen diidentifikasi sebagai "informasi yang didokumentasikan"
4.2.4 Pengendalian rekaman
5. Tanggung Jawab Manajemen
5. Kepemimpinan
5.4 Perencanaan
6 Perencanaan
5.5.2 Management Representative
Dieliminasi
5.6 Tinjauan Manajemen
9.3 Tinjauan Manajemen
6. Manajemen Sumber Daya
Dukungan 7.
6.1 Penyediaan Sumber Daya
7.1 Sumber Daya
6.2 Sumber Daya Manusia
7.2 Kompetensi
7. Realisasi Produk
8. Operasi
7.5.3 Identifikasi & Lacak
8.6.2 Identifikasi & Lacak
7.5.5 Preservasi Produk
8.6.4 Pelestarian Barang & Jasa
8. Pengukuran, Analisa & Perbaikan
9. Evaluasi Kinerja
8.2.2 Internal Audit
9.2 Internal Audit
8.5 Perbaikan
Peningkatan 10.
8.5.1 Perbaikan secara terus menerus
10.2 Peningkatan
8.5.2 Corrective Action
10.1 Ketidaksesuaian & Corrective Action
8.5.3 Tindakan Pencegahan
Dieliminasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar