TUGAS MANAJEMEN MUTU
Lady Flourence (224413281)
Diani Trianingtyas (224413265)
Vega Mustika (224413259)
Annisa Virginia (224413304)
Aminah Paradilla (224413275)
ISO 14001 Manajemen Lingkungan
ISO 14001 adalah sebuah spesifikasi
internasional untuk sistem manajemen lingkungan (SML) yang membantu perusahaan
Anda mengidentifikasi, memprioritaskan, dan mengatur risiko-risiko lingkungan
sebagai bagian dari praktek bisnis normal.
ISO 14001 = Standar Lingkungan
Perkembangan perusahaan dan industri dewasa ini telah menyebabkan krisis lingkungan dan energi. Bermula dari dampak industri inilah maka organisasi dan industri dituntut untuk meningkatkan pertanggungjawaban terhadap konservasi lingkungan. Berdasarkan kondisi ini, maka tuntutan peraturan dunia terhadap pertanggungjawaban organisasi dan industri dalam pengelolaan lingkungan menjadi meningkat. Konservasi lingkungan telah menjadi tuntutan dari pelanggan negara maju yang secara sadar melihat pentingnya perlindungan terhadap lingkungan dilaksanakan sejak dini untuk meminimalkan kerusakan lingkungan di masa depan, maka berdasarkan kesepakatan international pada tahun 1996 International Organization for Standardization meluncurkan suatu standar untuk mengelola lingkungan secara professional di dalam organisasi dan industri, standar tersebut disebut Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001.
ISO 14001 dipelajari oleh berbagai bidang pendidikan namun tidak “seumum” ISO 9001 yang banyak ditemui di bidang apa saja. Sistem manajemen ini banyak ditemui pada bidang teknik lingkungan. Selain itu sistem manajemen ini juga mempunyai kaitan dengan bidang ergonomi (teknik industri) terutama pada kuliah manajemen limbah industri. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa bidang lingkungan hidup atau ekologi dan ergonomi mempunyai hubungan yang cukup kuat,
Perkembangan perusahaan dan industri dewasa ini telah menyebabkan krisis lingkungan dan energi. Bermula dari dampak industri inilah maka organisasi dan industri dituntut untuk meningkatkan pertanggungjawaban terhadap konservasi lingkungan. Berdasarkan kondisi ini, maka tuntutan peraturan dunia terhadap pertanggungjawaban organisasi dan industri dalam pengelolaan lingkungan menjadi meningkat. Konservasi lingkungan telah menjadi tuntutan dari pelanggan negara maju yang secara sadar melihat pentingnya perlindungan terhadap lingkungan dilaksanakan sejak dini untuk meminimalkan kerusakan lingkungan di masa depan, maka berdasarkan kesepakatan international pada tahun 1996 International Organization for Standardization meluncurkan suatu standar untuk mengelola lingkungan secara professional di dalam organisasi dan industri, standar tersebut disebut Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001.
ISO 14001 dipelajari oleh berbagai bidang pendidikan namun tidak “seumum” ISO 9001 yang banyak ditemui di bidang apa saja. Sistem manajemen ini banyak ditemui pada bidang teknik lingkungan. Selain itu sistem manajemen ini juga mempunyai kaitan dengan bidang ergonomi (teknik industri) terutama pada kuliah manajemen limbah industri. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa bidang lingkungan hidup atau ekologi dan ergonomi mempunyai hubungan yang cukup kuat,
Alasan ISO 14001 Penting
Bagi Perusahaan
Sertifikasi ISO 14001 memberikan sejumlah
manfaat untuk perusahaan Anda.
·
Mengurangi
biaya; karena ISO 14001 menuntut komitmen perbaikan terus menerus, maka
penetapan obyektif dari perbaikan tersebut akan membantu mendorong penggunaan
bahan mentah yang lebih efisien sehingga biaya bisa dikurangi.
·
Mengatur
kepatuhan terhadap hukum; sertifikasi ISO 14001 bisa membantu Anda dengan cara
mengurangi upaya yang dibutuhkan untuk mengatur kepatuhan hukum dan dalam
manajemen risiko-risiko lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan Anda.
·
Mengurangi
duplikasi upaya; sistem manajemen Anda bisa digabungkan dengan persyaratan ini
dan standar manajemen lainnya menjadi sebuah sistem bisnis tunggal yang bisa
mengurangi duplikasi dan biaya.
·
Mengelola
reputasi Anda, sertifikasi ISO 14001 dapat membantu mengurangi risiko yang
terkait dengan biaya atau merusak reputasi Anda yang berhubungan dengan
pembersihan atau litigasi dan membangun citra publik Anda terhadap klien, badan
pengawas dan pemangku kepentingan kunci.
·
Menjadi
pemasok pilihan & menambah manfaat kompetitif; sertifikasi ISO 14001
memungkinkan Anda untuk bekerja dengan perusahaan yang menggarisbawahi dan
mengutamakan perusahaan yang ramah lingkungan.
·
Kemudahan
berintegrasi; ISO 14001 berbasis sistem manajemen - standar ini didukung oleh
siklus 'Plan Do Check Act' sama dengan standar sistem manajemen lain yang bisa
digabungkan dengan ISO 9001 (mutu), OHSAS 18001 (Kesehatan dan Keselamatan) dan
standar berbasis sistem manajemen lainnya.
Keuntungan atau manfaat dengan diperolehnya sertifikat
ISO 14001 bagi Organisasi
- Organisasi, dengan sistem manajemen mutu yang mereka targetkan dan kembangkan terus-menerus, secara tidak langsung juga mengurangi potensi mereka untuk menderita kerugian yang diakibatkan oleh denda atas rusaknya lingkungan sebagai dampak dari operasional mereka.
- Penghematan
anggaran organisasi. Sebab dengan diberlakukannya Sistem Manajemen
Lingkungan, organisasi menjadi lebih ketat dalam hal efisiensi sumberdaya
dan biaya.
- Organisasi
menjadi lebih responsif untuk menyesuaikan diri dengan peraturan terbaru
tentang Lingkungan sehingga (sekali lagi) mengurangi resiko terkena denda
atas polusi yang mungkin ditimbulkan.
- Menguatkan merek dagang dari organisasi tersebut (jika ada). Sebab dengan memberlakukan Sistem Manajemen Lingkungan, dapat membuat lebih banyak orang menjadi simpatik sebab organisasi yang bersangkutan sangat memperhatikan dan berusaha meminimalisir dampak lingkungan yang sekiranya mereka timbulkan
PERBEDAAN ISO 14001: 2015 dan ISO 14001: 2004
ISO 14001: 2015
|
ISO 14001: 2004
|
||
title klausa
|
jumlah klausul
|
jumlah klausul
|
title klausa
|
pengantar
|
0
|
0
|
pengantar
|
Cakupan
|
1
|
1
|
Cakupan
|
Acuan normatif
|
2
|
2
|
Acuan normatif
|
Istilah dan definisi
|
3
|
3
|
Istilah dan definisi
|
Konteks organisasi (hanya judul)
|
4
|
||
4
|
persyaratan sistem manajemen lingkungan (hanya judul)
|
||
Memahami organisasi dan konteksnya
|
4.1
|
||
Memahami kebutuhan dan harapan pihak yang berkepentingan
|
4.2
|
||
Menentukan lingkup sistem manajemen lingkungan
|
4.3
|
4.1
|
Persyaratan Umum
|
Sistem manajemen lingkungan
|
4.4
|
4.1
|
Persyaratan Umum
|
Kepemimpinan (hanya judul)
|
5
|
||
Kepemimpinan dan komitmen
|
5.1
|
||
Kebijakan lingkungan
|
5.2
|
4.2
|
Kebijakan lingkungan
|
peran organisasi, tanggung jawab dan wewenang
|
5.3
|
4.4.1
|
Sumber, peran, tanggung jawab dan wewenang
|
Perencanaan (hanya judul)
|
6
|
4.3
|
Perencanaan (hanya judul)
|
Tindakan untuk mengatasi risiko dan peluang (hanya judul)
|
6.1
|
||
Umum
|
6.1.1
|
||
aspek lingkungan
|
6.1.2
|
4.3.1
|
aspek lingkungan
|
kewajiban kepatuhan
|
6.1.3
|
4.3.2
|
Persyaratan hukum dan lainnya
|
tindakan perencanaan
|
6.1.4
|
||
tujuan dan perencanaan lingkungan untuk mencapainya (hanya
judul)
|
6.2
|
4.3.3
|
Tujuan, sasaran dan program (s)
|
tujuan lingkungan
|
6.2.1
|
||
Perencanaan tindakan untuk mencapai tujuan lingkungan
|
6.2.2
|
||
Dukungan (hanya judul)
|
7
|
4.4
|
Pelaksanaan dan operasi (hanya judul)
|
sumber
|
7.1
|
4.4.1
|
Sumber, peran, tanggung jawab dan wewenang
|
Kompetensi
|
7.2
|
4.4.2
|
Kompetensi, pelatihan dan kesadaran
|
Kesadaran
|
7.3
|
||
Komunikasi (hanya judul)
|
7.4
|
4.4.3
|
Komunikasi
|
Umum
|
7.4.1
|
||
Komunikasi internal
|
7.4.2
|
||
komunikasi eksternal
|
7.4.3
|
||
Informasi didokumentasikan (hanya judul)
|
7.5
|
4.4.4
|
Dokumentasi
|
Umum
|
7.5.1
|
||
Membuat dan memperbarui
|
7.5.2
|
4.4.5
|
Pengendalian dokumen
|
4.5.4
|
Pengendalian rekaman
|
||
Kontrol informasi terdokumentasi
|
7.5.3
|
4.4.5
|
Pengendalian dokumen
|
4.5.4
|
Pengendalian rekaman
|
||
Operasi (hanya judul)
|
8
|
4.4
|
Pelaksanaan dan operasi (hanya judul)
|
perencanaan dan pengendalian operasional
|
8.1
|
4.4.6
|
Pengendalian operasional
|
kesiapsiagaan dan tanggap darurat
|
8.2
|
4.4.7
|
kesiapsiagaan dan tanggap darurat
|
evaluasi kinerja (hanya judul)
|
9
|
4.5
|
Memeriksa (hanya judul)
|
Pemantauan, pengukuran, analisis dan evaluasi (hanya
judul)
|
9.1
|
4.5.1
|
Pemantauan dan pengukuran
|
Umum
|
9.1.1
|
||
Evaluasi kepatuhan
|
9.1.2
|
4.5.2
|
Evaluasi kepatuhan
|
audit internal (hanya judul)
|
9.2
|
4.5.5
|
Audit internal
|
Umum
|
9.2.1
|
||
Program audit internal
|
9.2.2
|
||
Ulasan Manajemen
|
9.3
|
4.6
|
Ulasan Manajemen
|
Perbaikan (hanya judul)
|
10
|
||
Umum
|
10.1
|
||
Ketidaksesuaian dan tindakan korektif
|
10.2
|
4.5.3
|
Ketidaksesuaian, tindakan perbaikan dan tindakan
pencegahan
|
© ISO 14001: 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar